Kamis, 10 November 2011

SAFETY TOOLBOX


Arti dari safety toolbox

Safety toolbox atau toolbox meeting adalah istilah yang biasa digunakan di tempat kerja baik itu di bidang pertambangan atau pun konstruksi.
Banyak orang bingung dengan kata toolbox ini. Ada yang mengartikan toolbox sebagai tempat perkakas karena di terjemahkan dari bahasa ingnggris ke bahasa indonesia sehingga membuat bingung.
Saya sendiri pada awal masuk kelingkungan tambang juga bingung dengan kata toolbox ini sehingga harus bertanya langsung dari orang bule tentang konteks arti toolbox dalam keselamatan atau juga disebut safetysa
Arti safety toolbox ini adalah suatu pertemuan yang membahas tentang keselamatan kerja sebelum mulai bekerja baik itu siang atau pun malam agar pekerjaan hari itu berjalan dengan aman dan selamat.
Mengapa disebut safety toolbox?

Kata safety toolbox ini sendiri sudah menjadi serapan kata asing yang di indonesiakan jika Anda di lingkungan tambang sehingga saat diterjemhakan menjadi rancuh dan bahkan banyak yang tidak mengerti karena mereka pekerja lapangan sudah terbiasa dengan sebutan safety toolbox ini.
Saya pernah bertanya kepada salah satu expatriate tentang kenapa disebut safey toolbox atau toolbox meeting? Mereka bilang saat melakukan pertemuan membahas tentang keselamatan, para pekerja cenderung duduk di atas toolbox mereka sambil mendenganrkan dan berdiskusi masalah keselamatan. Oleh karena itulah pertemuan keselamatan ini disebut juga safety toolbox atau toolbox meeting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar